Renungan Harian Rabu, 03 Mei 2023

Bacaan Pagi :Bacaan Sore :
1 Petrus 5:8-14Markus 8:31-33

Ulangan 28:1

“Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.”

Dikutip dari Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974


Tuhan memberi kita dua telinga dan hanya satu mulut. Oleh karena itu ada nasehat bijak yang berkata, “lebih baik banyak mendengar daripada berbicara”. Bukan berarti kita tidak boleh bicara tapi alangkah baiknya, kalau kita bersikap lebih banyak mendengar dan melakukan.

Bangsa Israel dididik supaya mendengarkan suara TUHAN, kemudian melakukan FirmanNya berdasarkan apa yang mereka dengarkan. Untuk itu TUHAN akan memberikan tempat yang lebih utama bagi mereka melebihi semua bangsa lain. Mereka akan memperoleh segala rangkaian berkat di dalam kehidupannya.

Kita juga sering mendengar Firman TUHAN, tetapi tidak menyimak apalagi memahami dan melakukannya. Tidak jarang kita memohon berkat dan segala kebaikan TUHAN, sementara kita tidak mau mendengarkan-Nya. Berbicara soal janji berkat, tidak bisa dipungkiri bahwa ada begitu banyak orang yang menginginkan berkat, tetapi tidak semua mau taat. Hal ini juga tidak berarti bahwa ketika kita rajin mendengar maka berkat-berkat TUHAN secara materi segera diberikan kepada kita, karena belum tentu kita telah mendengar dengan benar. Sebab berkat yang sesungguhnya adalah dari ketaatan pada perintah Tuhan. Pendengaran secara benar memampukan kita memahami berkat yang TUHAN sediakan bagi kita dalam segala bidang kehidupan. Hal yang paling utama adalah dengarkan dan lakukan setiap firman-Nya dengan benar dan setia!