Renungan Harian Rabu, 21 Juni 2023

Bacaan Pagi:Bacaan Sore:
1 Rajaraja 11 : 26-431 Korintus 1 : 27-31
1 Yohanes 4 : 18
"Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih."

Dikutip dari Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974

Tuhan mengingatkan kita bahwa Dia mengasihi kita. Di dalam kasih-Nya yang begitu besar dan sempurna tidak ada dan tidaklah seharusnya ada ruang untuk ketakutan sebab kasih yang begitu besar akan mengusir pergi segala jenis ketakutan.
Ada dua hal yang dapat menghalau ketakutan yakni: kemarahan, yang cenderung ingin melukai dan menghancurkan orang dan kasih yang bertujuan membangun orang. Yang Tuhan minta kita lakukan untuk menghalau ketakutan bukanlah dengan kemarahan tapi dengan kasih. Ketakutan itu berfokus pada diri sendiri karena waktu kita takut tujuan kita hanyalah ingin menyelamatkan diri. Sebaliknya kemarahan dan kasih berfokus pada orang lain.
Mulai saat ini kita harus tahu bahwa tak perlu lagi kita takut dengan apapun karena ada kasih Allah yang selalu beserta kita. Langkah yang perlu kita lakukan adalah bertumbuhlah dalam kasih Allah karena ketika kita tahu betapa besarnya kasih Allah dalam hidup kita maka masalah, pergumulan, badai sebesar apapun kita tidak akan takut menghadapinya.