Renungan Harian Minggu, 02 Juli 2023

Mazmur 89:15-18

“Keadilan dan hukum adalah tumpuan takhta-Mu, kasih dan kesetiaan berjalan di depan-Mu.”

Dikutip dari Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974


HIDUP DALAM KEADILAN DAN KASIH SETIA TUHAN
Nats khotbah ini adalah doa dan penyembahan Daud kepada TUHAN. Daud memuji, bersukacita dan merayakan KEKUATAN dan KEKUASAAN TUHAN yang tidak terbandingi dan tidak tertandingi. TUHAN YANG MAHA KUASA itulah TUHAN tempat berlindung umat Israel. TUHAN YANG MAHA KUAT itulah Tuhan yang MENYOKONG bangsa ISRAEL sehingga boleh hidup BERKEMENANGAN. Tuhan yang MAHAKUASA itulah juga YANG BERJANJI Tetap Setia kepada umatNya. Mazmur ini adalah Perayaan dan Pemujian atas Kasih Setia Tuhan dalam penyertaanNya. Ayat 15-18 menceritakan orang-orang yang berada dalam HIDUP YANG DIBERKATI & Hidup dalam kebahagiaan penuh sukacita karena MEREKA tetap BERJALAN DALAM LINDUNGAN TUHAN ALLAH. Hubungan bangsa Israel dengan TUHAN adalah hubungan yang diikat dengan KASIH SETIA. Menunjukkan hubungan yang SELAMANYA. Sifat TUHAN yang SETIA ini menjadi dasar untuk TETAP BERADA DI JALAN TUHAN. Orang-0rang yang hdiup dalam Kasih Setia Tuhan menurut Mazmur 89: 15 – 18 ini adalah:


1.HIDUPNYA BERBAHAGIA.
Hidup BERBAHAGIA yaitu hidup yang DIBERKATI oleh TUHAN. Hidup yang selalu menerima kebaikan-kebaikan TUHAN dan SELALU MENDAPAT anugerah kasih karuniaNya. Hidup berbahagia inilah memampukan setiap orang Bersukacita dalam memuji dan memuliakan TUHAN.


2.HIDUPNYA DALAM LINDUNGAN KEKUATAN NAMA TUHAN
Nama TUHAN menjadi Kekuatan dan tempat Perlindungan. Nama TUHAN menjadi suatu kuasa yang mengiringi perjalanan hidup orang-orang percaya.


3.HIDUPNYA DITINGGIKAN TUHAN
Orang-orang yang berlindung kepada TUHAN, hidup menurut jalan yang ditunjukkan oleh Tuhan maka Tuhan akan menjadi tanduk keselamatannya. Tuhan akan meninggikan namanya sehingga tidak akan dibuat malu. Nama yang membuat kita senantiasa berbahagia, nama yang sangat berkuasa menyelamatkan kita, dan nama yang sangat kita andalkan mengangkat kita hingga tinggi pada hidup berkemenangan ialah nama Yesus Kristus yang telah lahir, mati, bangkit dan naik ke surge demi keselamatan kita. Mari tetap hidup di jalan Tuhan.