Renungan Harian Selasa, 25 Juli 2023

Bacaan Pagi:Bacaan Sore:
Markus 4:13-201 Korintus 2:1-5
Mazmur 94:14
"Sebab TUHAN tidak akan membuang umat-Nya, dan milik-Nya sendiri tidak akan ditinggalkan-Nya;"

Dikutip dari Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974

Allah kita adalah Allah yang pengasih


Dalam perjalanan hidup kita ini, kita sering mengalami atau menghadapi ketidak mampuan memahami rencana Allah. Bahkan tak jarang dalam ketidak mampuan itu, kitq sudah merasa jauh dan tidak lagi diksihi Allah. Pada saat kita berharap Allah menolong kita di tengahkesulitan yang dihadapi, kita tidak merasakan kehadiran dan pertolonganNya sehingga muncullah pikiran yang salah tentang Allah. Namun kalau kita jujur berfikir, sejatinya Allah tidak pernah meninggalkan kita, anak-anak yang dikasihiNya. Kalau kita jujur berfikir, kitalah yang sebenarnya sering melupakan Allah.
Ada satu ungkapan bunda Theresa yang sangat terkenal dan perlu kita renungkan untuk memahami rencana Allah dalam hidup kita, yaitu: Jika tuhan menjawab doamu, Tuhan sedang menambah imanmu; Jika Ia menundanya, Tuhan sedang menambahkan kesabaranmu; Jika Tuhan tidak menjawabnya, Ia sedang mempersiapkan yang terbaik bagimu!. Disinilah kita harus mampu melihat dan memahami, bahwa rencana Allah senantiasa baik dan indah bagi kita.
Ungkapan kata “milikNya sendiri” mempertegas keberadaan kita dihadapanNya. Karena itu, tidaklah mungkin Sang pemilik meninggalkan milik kesayangannya. Dsinilah kita harus belajar, bagaimana seharusnya mengenal dan memahami Allah. Belajar memahami kehendakNya. Melalui nas ini kita diajak untuk tetap setia kepada Allah dalam segala hal, karena jika telah tiba waktunya, Allah akan bertindak.
Dalam ayat sesudahnya, yaitu ayat 12, pemazmur memberitahukan salah satu cara Allah untuk menyatakan pemeliharaan dan kasih setiaNya. Allah member peringatan, bahkan bisa berupa penderitaan sebagai cara mengasihi orang yang dikasihiNya. Karena itu, marilah kita setia dan senantiasa memuji Dia dalam segenap hidup kita, sekalipun banyak hal yang merintangi perjalanan kehidupan kita. Amin.