Renungan Harian Rabu, 30 Agustus 2023

Bacaan Pagi:Bacaan Sore:
Markus 10:17-31Roma 5:3-5
1 Tawarikh 16:35
"Dan katakanlah: "Selamatkanlah kami, ya TUHAN Allah, Penyelamat kami, dan kumpulkanlah dan lepaskanlah kami dari antara bangsa-bangsa, supaya kami bersyukur kepada nama-Mu yang kudus, dan bermegah dalam puji-pujian kepada-Mu."

Dikutip dari Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974

Daud berhasil memindahkan Tabut perjanjian, setelah Tabut perjanjian itu dipindahkan, Daud mempersembahkan kurban kepada Allah, kemudian Daud menyuruh Asaf untuk menyanyikan nyanyian syukur bagi Tuhan yang sekaligus nyanyian Syukur ini merupakan kesaksian akan kebesaran dan ke agungan serta ke Mahakuasaan Allah, dan menyampaikan permohonan agar Tuhan senantiasa menyertai dan menyelamatkan Israel dari tangan musuhmusuh mereka. Daud percaya kepada Tuhan yang senantiasa menyertai dan menyelamatkan dirinya dan bangsanya dari musuhmusuhnya. Melalui nyanyian syukur dan permohonan ini Daud hendak mengajarkan kepada bangsa yang dia pimpin bahwa raja yang sesungguhnya bagi bangsa itu adalah Allah. Allah yang bertanggung jawab akan keselamatan bangsa tersebut. Keselamatan itu bukanlah karena bangsa itu besar dan kuat untuk menghadapi musuh mereka tetapi Allah sendiri yang bertindak melawan musuh bangsa itu. Melalui nyanyian syukur yang dilantunkan bangsa itu sekaligus bertujuan untuk menggugah hati bangsa itu agar selalu taat dan tunduk kepada Tuhan Allah yang mereka sembah.
Allah sebagai Raja bagi bangsa Israel, Dia yang memberikan segala kebutuhan mereka seperti halnya ketika bangsa itu berjalan dari negeri Mesir ke tanah Kanaan. Tuhan memberikan makanan ‘mana’, Tuhan banyak melakukan hal yang ajaib menuntun mereka dengan tiang awan pada siang hari dan tiang pi pada malam hari. Tentu Tuhan mengharapkan respons bangsa itu yaitu setia mempercayai Tuhan dan tunduk serta taat dan beribadah bagi Tuhan Allah. Setiap orang yang percaya kepada Allah dan yang mengakui Allah sebagai RajaNya dan sumber hidupnya hendaklah mau mengucap syukur dan menyanyikan nyanyian syukur bagi Tuhan sekaligus menjadi suatu kesaksian, agar orang yang mendengar nyanyian syukur tersebut menjadi ikut percaya kepada Tuhan Allah. Amin!