Renungan Harian Jumat, 06 Oktober 2023

Bacaan Pagi:Bacaan Sore:
Yeremia 44:1-11 Petrus 5:1-4
Lukas 10:3
"Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala."

Dikutip dari Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974

Dalam pengajaranNya, Yesus selalu menggunakan perumpamaan supaya pendengarNya gampang memahami setiap pengajaran yang disampaikanNya. Suatu ketika Yesus mengutus tujuh puluh muridNya untuk mengabarkan Injil. Sebelum perjalanan dimulai Yesus menjelaskan hal-hal apa saja yang akan mereka lakukan dan alami selama perjalanan misi tersebut.
Dalam ayat yang ke 3 Yesus memulai dengan kata perintah “pergilah”. Kata perintah “pergilah” mengandung makna yang dalam, yaitu “to lead away under someone’s authority” Dari pengertian sederhana tersebut, pergi berarti berjalan melakukan pekerjaan misi dibawah otoritas Allah. Itulah sebabnya setelah kata perintah “pergilah” Yesus melanjutkan dengan kalimat “sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala”. Domba adalah binatang yang lemah dan tidak memiliki kekuatan, sementara serigala adalah binatang buas yang sangat ganas. Namun, ketika kawanan domba berada dalam lindungan gembala, kawanan domba tersebut akan aman, meskipun dikepung gerombolan serigala yang ganas.
Murid-murid Kristus digambarkan seperti domba-domba yang lemah, sementara roh dunia digambarkan seperti serigala. Sebagai murid Kristus kita akan aman ketika berada dalam lindungan Gembala kita yaitu Yesus Kristus. Kekuatan kita bukanlah berasal dari dalam diri kita, kekuatan kita berasal dari Kristus.