Renungan Harian Sabtu, 07 Oktober 2023 (HUT HKBP Ke-162)

Bacaan Pagi:Bacaan Sore:
Ratapan 1:1-11,17-22Yakobus 1:2-10
Yohanes 8:12
"Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

Dikutip dari Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974

Hidup manusia selalu membutuhkan penerangan dalam menjalani hidup ini terutama dalam mengerjakan pekerjaan, manusia tidak sanggup mengerjakan pekerjaan dalam kegelapan. Terutama orang orang benar dalam mengerjakan pekerjaannya selalu dalam terang karena orang yang mengerjakan pekerjaannya dalam kegelapan adalah orangorang jahat. Benda penerang di dunia ini terbatas cahaya yang diberikannya, tetapi Yesuslah sebagai terang dunia yang sesungguhnya yang tidak mengenal batas.
Perkataan Yesus akan diriNya sebagai terang dunia bukanlah untuk membesarkan diriNya atau bukanlah suatu manipulasi. Tetapi apa yang dikatakan Yesus ini adalah yang sesungguhnya, sebab Yesuslah yang mengarahkan hidup dan menuntun hidup manusia supaya tidak sesat. Penerangan yang diberikan oleh Yesus bukanlah seperti penerangan lampu yang terbatas cahayanya. Cahaya yang diberikan oleh Yesus tidak ada taranya dengan penerangan yang ada di dunia ini. Orang yang menerima Yesus sebagai terang hidupnya tidak akan pernah tersesat dalam menjalani hidup di dunia ini. Bila sesorang menjadikan Yesus sebagai terang hidupnya, juga tidak akan mengalami jalan buntu di dalam hidupnya sebab Terang itu akan membuka jalan buntu tersebut dengan memberikan jalan solusi kepada orang yang mengalami kebuntuan tersebut. Bila Yesus dijadikan sebagai terang hidup seseorang bahwa apa yang dikerjakan orang tersebut tidak akan membuat orang itu gelap mata disaat harus menentukan sesuatu dalam perjalannan hidup. Orang itu akan dimampukan untuk melihat mana jalan yang diperkenankan oleh Terang tersebut. Sehingga tidak akan sesat sekalipun banyak godaan yang menggoda hidupnya, tetapi Terang itu akan menuntunnya untuk tetap kuat dalam menjalani hidup ditengah dunia ini.
Untuk itu hendaklah kita bijak untuk menentukan terang yang menerangi hidup kita, janganlah kita menjadikan terang yang ada di bumi ini menerangi hidup kita. Tetapi jadikanlah Yesus Kristus menjadi terang hidupmu agar senantiasa hidupmu berjalan di jalan yang diperkenankan Tuhan. Amin!.