Renungan Harian Kamis, 12 Oktober 2023

Bacaan Pagi:Bacaan Sore:
2 Korintus 1:1-72 Korintus 7:1-4
2 Tawarikh 7:14
"dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka."

Dikutip dari Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974

Nats renungan hari ini bercerita tentang Allah yang menampakkan diri-Nya kepada Raja Salomo melalui mimpinya. Allah datang dalam mimpi Salomo, setelah Salomo telah menjalankan tugasnya, yaitu membangun bait Allah, dan menjalan tugas sesuai dengan hikmat yang telah diberikan Allah kepada dirinya. Dalam ayat 14 ini, melalui mimpi Allah menyampaikan bahwa Dia ingin umat-Nya kembali kepada-Nya dan taat akan aturannya.
Dari nats ini kita dapat melihat bahwa Allah adalah Allah Yang Maha Pengasih 7 Maha Pengampun. Karena kasih-Nya yang besar kepada kita, Dia menerima segala kekurangan kita. Ketika kita melakukan kesalahan ataupun dosa, Allah akan menerima kita dengan pertobatan Kita. Bertobat artinya mendekatkan diri kepada Allah, meninggalkan kehidupan lama yang buruk, dan memulai kehidupan baru yang lebih baik. Dalam melakuka pertobatan bukan hal yang mudah, tetapi ketika kita berusaha dan meminta kepada Allah untuk selalu dikuatkan, pasti hal tersebut dapat kita lakukan. Selain bertobat, kita juga harus taat kepada Allah. Apabila kita taat dan setia kepada Allah, maka kita akan menjauhi perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan kehendak Allah dan hidup dalam kehidupan rohani. Hendaklah kita melakukan tindakan-tindakan yang sesuai dengan kehendak Allah, serta berpegang teguh, setia, dan taat kepada Tuhan sebab dia tidak akan meninggalkan kita, dan menolong kita. Amin