Renungan Harian Sabtu, 25 November 2023

Bacaan Pagi:Bacaan Sore:
Yesaya 57:14-21Yohanes 18:28-40
Mazmur 140:14
"Sungguh, orang-orang benar akan memuji nama-Mu, orang-orang yang jujur akan diam di hadapan-Mu."


Dikutip dari Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974

Manusia senantiasa memiliki musuh yang akan menghancurkan, menindas hidupnya. Walaupun kadang-kadang manusia tidak menyadari hal itu dalam hidupnya. Iblis itulah yang menjadi musuh manusia yang utama, si iblis senantiasa berusaha menggoda manusia untuk hidup didalam kekuasaannya dan menjerumuskan manusia itu kepada tindakan tindakan kejahatan dalam hidupnya yang membuat hidup manusia itu menderita. Manusia senantiasa menginginkan hidupnya senantiasa menjalani hidup yang baik, tetapi si iblis tidak menginginkan manusia itu hidup dalam keadaan baik, iblis berusaha membuat hidup manusia kacau, iblis akan merasa senang bila manusia boleh dikuasainya.
Pemazmur dalam nas ini mengaku bahwa orangorang benar akan memuji namaMu kesaksian pemazmur ini adalah berdasarkan pengalaman hidupnya. Pemazmur sepanjang hidupnya memuji nama Tuhan, karena dirasakan bila dirinya disertai oleh Tuhan maka dia akan sanggup melakukan segala yang benar seuai dengan kehendak Tuhan. Dengan melakukan yang benar atas tuntunan Tuhan maka hidupnya selamat dari tindakan musuhmusuhnya. Pertolongan Tuhan yang dirasakan oleh setiap orang itulah yang mendorong hatinya untuk seantiasa memuji nama Tuhan, sebab disadari tanpa Tuhan dia tidak akan mampu menghadapi musuh dan godaan godaan si jahat. Bersama dengan Tuhanlah kita dapat berjalan dalam hidup di dunia ini, tanpa penyertaan Tuhan kita akan ditaklukkan oleh musuh kita.
Tuhan tidak akan pernah menyukai orangorang jahat, tetapi Tuhan menginginkan orang yang berdiam dihadapanNya adalah senantiasa orang jujur. Musuh kita menginginkan kita menyimpang dari kehendak Tuhan yaitu menjadi orang yang tidak jujur. Bila kita jauh dari Tuhan akan mudah kita disesatkan oleh sijahat untuk berbohong dan berbuat kejahatan. Untuk itu hendaklah lita senantiasa tunduk dan taat kepada Tuhan supaya kita dtuntun dan dikuatkan untuk melawan segala kejahatan dan kebohongan sehingga selamat. Dengan keselamatan yang kita dapat senantiasalah kita memuji Tuhan dalam hidup kita dan akan bersamasama dengan Tuhan Allah. Amin!.