Renungan Harian Sabtu, 19 Februri 2022

Bacaan Pagi:Bacaan Sore:
Markus 6:1-6Yohanes 10:32-38
Markus 9:7
Maka datanglah awan menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara: "Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia."

Dikutip dari Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974

Ayat ini diucapkan oleh Allah pada satu peristiwa ketika Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di gunung ada suatu peristiwa hebat yang terjadi. Di sada ada Peristiwa Transfigurasi Yesus yaitu Dia dimuliakan di gunung itu,pakaianNya dan diriNya memancarkan cahaya terang dan kemudian dua orang suci Musa dan Elia sahabat-sahabat Allah hadir berbincang-bincang dengan Yesus. Mereka berdua adalah dua orang yang diyakini tidak mengalami kematian tetapi dipermuliakan Allah diangkat hidup-hidup ke Surga. Petrus, Yakobus dan Yohanes menyaksikan kejadian itu sehingga mereka terkagum-kagum. Mereka semakin yakin bahwa Yesus adalah Mesias Pada peristiwa Transfigurasi itulah sebuah suara TUHAN menggema:”Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia” .

Kata inilah AnakKu pada ayat itu menunjukkan kepada Yesus Kristus sebagai yang datang dari Allah. Dia adalah ahli waris tunggal Tahta Kerajaan Surga. TUHAN Yang Maha Kuasa dan Maha Mulia menampakkan diri dalam diri Yesus Kristus. TUHAN hendak mengumumkan kepada seluruh umat manusia bahwa Yesuslah satu-satunya Mesias yang diutus olehNya untuk mengemban tugas dari Allah. Perkataan itu juga hendak menyatakan bahwa Yesus adalah Kepala Seluruh Dunia. Dia adalah Pemilik mutlak hidup manusia. Dia juga digambarkan sebagai Kepala Keluarga Umat manusia. KepadaNyalah dipercayakan untuk melaksanakan Karya Keselamatan dan Dia adalah Jaminan Kehidupan. Sebagai Mesias Tuhan Yesus akan menjalankan tugasNya dengan cara mengorbankan diri menjadi menjadi korban keselamatan bagi umat Manusia yang dilindungiNya. Tuhan Yesus akan mencapai kemuliaanNya lewat jalan kematian yang akan terjadi padaNya. Untuk turut memperoleh keselamatan dan jaminan kehidupan dari TUHAN maka umat diajak untuk percaya sepenuhnya kepada Yesus.

Tuhan Yesus Kristus adalah Allah dalam rupa manusia. Melalui Dia kita dapat melihat kemuliaan Allah yang Maha Besar itu. Melalui Dia Allah Bapa Surgawi itu bekerja untuk menyelamatkan umatNya. Yesus adalah JAMINAN HIDUP dan JAMINAN KESELAMATAN kita. Mari kita Percayakan sepenuhnya hidup kita kepadaNya. Amin.