Renungan Harian Sabtu, 12 Februari 2022

Bacaan Pagi:Bacaan Sore:
1 Koritus 3:5-9Yohanes 9:13-23
1 Korintus 2:10
Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.

Dikutip dari Alkitab Terjemahan Baru Indonesia (c) LAI 1974

Paulus menasehati jemaat Korintus agar jangan terjebak dalam perpecahan tetapi dia menasehatkan agar jemaat menjalin erat persatuan dan sehati sepikir. Dalam hidup bergereja dan dalam pemberitaan Firman hendaklah tidak memakai hikmat manusia tetapi memakai bimbingan Roh Kudus. Paulus sendiri sekalipun memiliki pendidikan tinggi dan orang yang sangat faham tentang hidup keberagamaan Yahudi, tetapi dia menanggalkan hikmat duniawinya dan menggantikannya dengan keyakinan akan kekuatan Roh Kudus. Iman orang percaya jangan sampai tergantung pada Hikmat manusia, tetapi harus bergantung pada Kekuatan Allah yaitu Kristus.

Allah menyatakan kebenaranNya yang menyelamatkan melalui Roh Kudus. Roh Kudus berkerja melayani Allah untuk menuntun dan membimbing kita untuk mengerti maksud Allah. Roh Kudus memberi kepada kita mata dan telinga iman yang benar. Roh Kudus memperkenalkan kepada kita bahwa Yesuslah hikmat Allah dan kekuatan Allah untuk menyelamatkan manusia. Hanya Roh Kudus yang membawa kita kepada semua kebenaran, karena Roh Kudus itu mengenal hati TUHAN.

Sebagai orang beriman kepada TUHAN YESUS, bimbingan dan tuntunan Roh Kudus mutlak kita perlukan. Jika pada jaman Paulus dan jaman nenek moyang kita begitu banyak ajaran-ajaran yang menyesatkan; terlebih jaman kita sekarang malah ajaran-ajaran sesat sudah jauh lebih modern. Maka untuk dapat tetap berada dalam naungan keselamatan dari Kristus marilah meminta bimbingan dan tuntunan Roh Kudus agar kita semakin kuat dan berkemenangan menghadapi kesulitan jaman. Amen.